5 Jenis Batu Permata Yang Laris Di Pasaran
5 Jenis Batu Permata Yang Laris Di Pasaran
May 30, 2020
Keuntungan Berbelanja Di Toko Batu Permata Online
5 Keuntungan Berbelanja Di Toko Batu Permata Online
August 18, 2020

Tips Sederhana Membersihkan Perhiasan Atau Batu Permata

Tips Sederhana Membersihkan Perhiasan Atau Batu Permata

Bisa dibilang hampir semua orang menyukai perhiasan, terutama pada kaum hawa yang menyukai keindahan akan perhiasan tersebut. Ada banyak jenis perhiasan baik berupa kalung, cincin, anting-anting dan gelang yang perawatannya tak perlu mengeluarkan biaya yang mahal dalam membersihkannya. Perhiasan berupa emas, perak atau batu permata/mulia membutuhkan perawatan dengan membersihkannya agar kembali bersinar. Nah, kali ini kami akan memberikan sedikit tips bagaimana membersihkan perhiasan dan batu permata tersebut.

Berikut ada beberapa tips untuk membersihkan perhiasan agar tampak seperti baru :

1. Gunakan 100 % Kain Katun Yang Bersih

Para ahli perhiasan merekomendasikan setiap akan membersihkan perhiasan gunakanlah kain katun. Namun butuh biaya tambahan untuk membeli kain katun setiap akan membersihkan barang berharga yang anda miliki tersebut. Selain kain katun, handuk tissue (paper towels) juga bisa digunakan untuk membersihkan perhiasan.

2. Jangan Gunakan Pasta Gigi

Banyak sekali orang beranggapan jika pasta gigi bisa digunakan untuk membersihkan perhiasan. Akan tetapi cara tersebut hasilnya jauh dari kata memuaskan. Para profesional perhiasan mengatakan bahwa menggunakan pasta gigi untuk membersihkan perhiasan adalah kesalahan besar, karena Pasta Gigi mengandung butiran mikro kecil yang kasar, yang bisa menggores dan merusak logam serta batu mulia.

3. Membersihkan Mutiara Dan Batu Alam

Mutiara dan batu alam sangat sensitif, cairan pembersih tradisional terutama cairan cuka akan sangat merusak mutiara dan batu alam bila digunakan untuk membersihkannya. Salah satu cara terbaik untuk membersihkan batu alam yakni dengan menggunakan sikat gigi yang sangat lembut. Caranya, rendam batu alam dalam air kemudian sikat sedikit dan biarkan mengering secara alami. Sementara untuk membersihkan mutiara gunakan deterjen lembut, tetapi jangan merendamnya, serta lap dengan menggunakan kain basah.

4. Membersihkan Emas Dan Perak

Semua jenis emas dan perak dapat dibersihkan dengan menggunakan pembersih standar yang dijual di toko emas atau toko perhiasan. Apapun pembersih yang dipilih pastikan tidak menggunakan sikat karena dapat menggores emas atau perak tersebut. Biarkan perhiasan tersebut terendam di dalam campuran cairan pembersih, lalu kemudian bilas dan poles menggunakan lap yang terbuat dari kain katun.

5. Membersihkan Berlian

Meskipun berlian adalah elemen yang paling sulit membersihkannya, bukan berarti tidak harus merawatnya.  Jika cincin berlian sudah tidak gemerlap atau bersinar seperti pada saat masih baru, maka bersihkan dengan menggunakan resep sederhana seperti berikut ini.

Campurkan seperempat cangkir amonia dengan satu cangkir air hangat, kemudian rendam cincin berlian kedalam cairan tersebut setidaknya selama 20 menit dan gunakan sikat gigi lembut untuk menghilangkan kotoran-kotoran yang menempel pada cincin berlian tersebut.

6. Membersihkan Zamrud

Karena lembut dan rapuh, batu zamrud tidak dapat dibersihkan dengan menggunakan metode pembersih perhiasan pada umumnya. Jika anda tidak ingin batu Zamrud retak, cukup gunakan air biasa saja dalam membersihkannya.

Baca Juga : Beberapa Cara Merawat Batu Permata Untuk Menjaga Kualitasnya

Nah, itulah tips dalam membersihkan perhiasan atau batu permata. Metode pembersihan diatas dirasa cukup efektif untuk semua perhiasan atau batu permata. Membersihkan perhiasan baik berupa emas, permata dan lainnya juga merupakan bagian dari perawatan barang-barang perhiasan yang bernilai tinggi.

(Visited 81 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *