Jual Batu Permata Di Medan
Jual Batu Permata Di Medan
March 16, 2018
Perbedaan batu permata asli dan imitasi
Perbedaan Batu Permata Asli Dan Imitasi
March 20, 2018

Tentang Batu Emerald (Jamrud)

Tentang Emerald

Batu Emerald atau Jamrud merupakan jenis batu permata yang disukai oleh banyak orang. Merupakan jenis batu dari keluarga beryl berillium aluminium silika dengan kromium, Be3Al2(SiO3)6 Cr dengan pertambahan kromium dan kadang kala vanadium yang memberi warna hijau yang cantik pada batu permata ini.

Emerald dalam Bahasa Greek yakni “green gemstone” (diambil dari perkataan dalam bahasa Perancis kuno “esmeralde”). Terdapat juga sumber mengatakan kata emerald berasal dari perkataan Sanskrit yang bermaksud hijau. Tamadun kuno seperti Inca dan Aztec di Amerika Selatan menganggap batu permata ini sebagai batu permata yang suci dan digunakan untuk upacara keagamaan. Malah Tamadun Mesir purba dipercayai telah menggunakan batu ini sebagai perhiasan untuk raja-raja dan pembesar negara 3000 tahun sebelum Masehi.

Baca Juga : Tentang Batu Sapphire

Emerald yang biasa kita dijumpai mempunyai inclusion dengan mineral lain. Dengan kekerasan dalam skala Mohs diantara 7 hingga 9, emerald merupakan batu permata yang biasa dipakai untuk perhiasan. Emerald mempunyai “natural luminosity” (kilauan asli) dimana warnanya hijau pudar tidak dapat dilihat dengan mendalam dengan mata kasar. Warna hijaunya unik dengan variasi spektrum dan ton warna yang sangat menarik apabila dipancarkan menggunakan cahaya UV. Emerald yang mempunyai kristal (inclusion) di bahagian dalam seperti retakan serta rekahan dan buih yang dikenali sebagai “jardin” mempunyai nilai yang tinggi di pasaran.

Emerald dari Zimbabwe dipercayai merupakan emerald yang tertua di dunia dengan usia diperkirakan lebih dari 260 juta tahun. Spesimen emerald dari Pakistan pula diperkirakan berusia 9 juta tahun lebih muda. Colombia merupakan penghasil utama batu emerald dengan kualitas terbaik. Selain itu, terdapat juga emerald dari Zambia, Brazil, Zimbabwe, Madagascar, Pakistan, India, Afghanistan dan Russia.

Emerald terbesar di dunia dijumpai di lombong La Vega de San Juan dekat Gachalá, Colombia. Emerald ini dikenali sebagai Gachala Emerald seberat 858 karat ditemukan pada tahun 1967 yang kini dipamerkan di National Museum of Natural History of the Smithsonian Institution dekat Washington DC. Gachala Emerald disumbangkan oleh Harry Winston seorang pengumpul batu permata di New York.

Satu lagi emerald yang terkenal dikenali sebagai Chalk Emerald seberat 37.82 karat yang telah disumbangkan oleh Mr. dan Mrs. O. Roy Chalk pada tahun 1972 yang kini turut dipamerkan di National Museum of Natural History of the Smithsonian Institution dekat Washington DC. Dan Satu lagi emerald yang besar adalah “Mogul Emerald” yang ditemukan sekitar tahun 1695, seberat 217.80 karat dengan ketinggian 10 cm. Di sebelah permukaan batu ini diukir dengan teks yang dipercayai ayat-ayat suci manakala di sebelah lagi diukir dengan ukiran flora. Emerald ini telah dilelang oleh Christie’s of London kepada seorang pembeli dengan harga 2.2 juta US Dollar pada 28 September 2001.

Emerald asli biasanya mempunyai harga yang sangat tinggi. Lebih pekat dan cantik warna hijaunya, lebih mahal harganya di pasaran. Kini terdapat juga emerald sintetik yang boleh didapati di pasaran dengan harga yang murah. Emerald sintetis dibuat melalui satu proses yang dinamakan Carroll Chatham. Satu lagi jenis emerald sintetis dibuat melalui proses yang dinamakan Pierre Gilson Sr, yang telah berada di dalam pasaran sejak tahun 1964.

Emerald merupakan permata yang sangat jarang ditemui dalam jumlah yang besar. Selain itu, batu emerald yang berkualiti sangat sukar ditemui, contohnya “Trapiche emeralds” yang hanya didapati di Colombia yang mempunyai 6 sudut pancaran cahaya (six rays emanating) dari tengah. Emerald yang cantik dengan warna hijau tua berasal dari Zambia. Warna hijaunya lebih pekat dibandingkan emerald dari Colombia. Selain itu, Brazil juga mempunyai emerald yang jarang ditemui yang dikenali sebagai “Cat’s eye emerald” yang mempunyai kesan cat’s eye di bagian tengah batunya.

Dahulu, batu emerald hanya dipakai oleh golongan bangsawan, raja-raja dan pembesar sebagai simbol keagungan dan kekuasaan. Kini,batu emerald bisa dimiliki oleh siapa saja dengan membelinya di berbagai toko batu permata, salah satunya di toko online batu permata ini yakni di www.jualpermata.com atau di permatastar.com.

(Visited 52 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *