Daftar toko batu permata di Indonesia
Daftar Toko Batu Permata Di Indonesia
December 1, 2018
Hati hati berbelanja permata palsu
Hati-hati Berbelanja Batu Permata, Jangan Sampai Anda Tertipu
December 12, 2018

Simak Video Penambangan Batu Permata Kami Disini

Proses penambangan permata

Proses penambangan permata

Batu Permata merupakan sebuah mineral yang terbentuk dari hasil proses geologi yang unsurnya terdiri atas satu atau beberapa komponen kimia dan ditambang dari dalam perut bumi. Batu permata memiliki nilai atau harga jual yang sangat tinggi yang diminati oleh beberapa atau sebagian orang saja. Namun trend batu mulia atau batu permata dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan seiring semakin banyak nya orang yang mengenal jenis-jenis batu permata tersebut.

Tapi tahukah anda batu mulia harus dipoles atau diolah sebelum dijadikan perhiasan. Terciptanya batu permata diawali dari proses penambangan hingga pemolesan yang membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Sejarah Singkat Batu Mulia

Negara-negara di belahan timur adalah negara yang pertama untuk menggunakan batu mulia atau permata, diperkirakan sekitar 100000-75.000 SM. Kurang lebih 4000 mineral yang telah teridentifkasi di alam, hanya beberapa yang dapat disebut batu mulia /mineral permata.

Dikarenakan kualitas dan karakteristiknya yang berbeda, batu mulia biasa dicari berdasarkan keindahannya, kelangkaannya, dan ketahanannya. Bahan galian batu permata ini terbilang kedalam bahan galian C yaitu bahan galian non strategis dan non vital.

Sifat Batu Mulia

Sifat-sifat yang melekat pada batu permata / mulia berkaitan dengan elemen kimia, struktur kristal dan sistem kristal pada saat pembentukannya. Sifat fisik batu permata terdiri dari :

  • Susunan kimia
  • Warna
  • Kekerasan
  • Serat
  • Berat jenis dan lain-lain.

Proses Penambangan Dan Pemolesan Batu Permata

Kegiatan eksplorasi batu mulia sebagaimana kegiatan lainnya dimulai dari tahap persiapan, dalam kegiatan ini personil menyiapkan alat-alat berupa :

  • GPS
  • Kompas Geologi
  • Palu Geologi, baik palu batuan beku maupun sedimen
  • Alat ukur, meteran, penggaris, busur dan sebagainya.
  • Kamera
  • Buku catatan dan alat tulisnya.

Untuk kegiatan eksplorasi batu mulia, dilakukan juga beberapa pekerjaan seperti penyelidikan geokimia dan geofisika. Penyelidikan geokimia yang dilakukan umumnya berupa geokimia endapan sungai, tanah, batuan dan pendulangan.

Anda bisa simak video penambangan hingga proses pemolesan batu permata yang kami miliki dibawah ini.

Dari video diatas dapat disimpulkan bahwa batu permata yang kami miliki diperoleh dari sumber penambangannya langsung yang selanjutnya di olah di Indonesia sehingga bisa memperkecil cost untuk penjualannya ke market atau toko batu permata yang kami miliki.

Baca Juga : Daftar Toko Batu Permata Di Indonesia

Beberapa lokasi penambangan batu permata yang terkenal saat ini berada di Burma, Srilanka, Tanzania, Colombia, Madagaskar, Khasmir dan lain sebagainya. Kegiatan penambangan berbagai jenis batu permata umumnya dilakukan oleh rakyat setempat secara tradisional, kecil-kecilan, sederhana, dan kadang-kadang bersifat usaha sampingan.

Kegiatan penambangan secara besar sangatlah jarang, dan dilakukan pada daerah yang telah diketahui cadangan atau sumber batu mulianya yang melimpah, dilakukan dengan modern yakni menggunakan peralatan canggih.

(Visited 14 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *