Tips membeli batu permata di toko batu permata online
Tips Membeli Batu Permata Online
September 25, 2018
Jual beli batu permata di medan
Jual Beli Batu Permata Di Medan
October 3, 2018

Perbandingan Batu Permata Ruby dan Safir

Perbandingan Batu Permata Ruby dan Safir

Perbandingan Batu Permata Ruby dan Safir

Bagi anda pecinta batu permata mungkin kalau mendengar Ruby dan Safir sudah biasa, karena kedua batu ini adalah salah satu Batu Permata terbaik dikelas nya. Pada masa jayanya kedua batu ini sangat diminati baik orang awam mau pun bagi kolektor, tetapi sekarang hanya kolektor batu permata saja lah yang hanya mencarinya karena harga batu permata tersebut sangat mahal.

Batu Permata Ruby dan Blue safir ini termasuk satu golongan yang sama yaitu “Corundum”, kedua nya memiliki tingkat kekerasan yang sama yaitu pada tingkat 9 dalam sekala mohs. Namun ada beberapa perbedaan mendasar pada kedua batu permata ini, dan berikut perbandingan antara batu permata Ruby dan Safir :

  • Ruby

Ruby atau di Indonesia lazim disebut batu Mirah Delima adalah salah satu batu mulia yang langka. Bahkan dalam Kitab Sansekerta, Ruby disebut sebagai Ratnaraj, yang artinya raja dari batu mulia. Ruby terbaik dihasilkan di Mogok Valley Myanmar dan disebut Pigeon Blood-red, untuk menggambarkan tingkat kemewahannya yang tinggi. Batu mulia ini memiliki warna khas merah, mulai merah muda sampai merah darah. Kandungan dalam rubi adalah mineral korundum dan yang memberikan warna merah adalah kromium.

  • Safir

Safir umum pula disebut sebagai batu biru, merupakan batu mulia yang dihasilkan mineral korundum, sebuah alumunium oksida, sebagaimana rubi. Mineral lainnya dalam jumlah sedikit, seperti besi, titanium, kromium dan tembaga dapat menyebabkan korundum berwarna biru, kuning, oranye, hijau dan ungu. Untuk warna merah mengakibatkan terbentuknya rubi.

Jika keduanya ditest dengan alat yang tergolong biasa maka keduanya tidak dapat dibedakan, seperti alat pengantar panas, biasanya kolektor mengunakan alatPresidium Gem Tester, alat-alat tersebut cukup mahal yakni sekitar 3,5 jutaan, tapi bagi pecinta batu harga tersebut hanyalah sedikit.

Selain itu, batu permata Ruby dan Safir dibedakan berdasarkan warna nya, jika warna nya merah berarti dia tergolong Ruby, jika warna nya selain merah maka dinamakan safir, seperti warna kuning maka disebut yellow safir.

Menurut harganya pun keduanya sangatlah berbeda, dan umumnya batu yang alami lebih mahal daripada yang sintesis. Adanya sertifikat dari batu tersebut juga akan mempengaruhi harga jualnya, serta tingkat kejernihan dari batu tersebut juga berpengaruh.

Nah, itulah informasi tentang perbedaan atau perbandingan antara Ruby dan Safir. Jika anda ingin memiliki kedua batu tersebut, bisa berbelanja batu di situs kami ini. Silahkan hubungi bagian pemasaran kami dinomor +62 822-6731-1099 atau lihat koleksi batu yang kami jual di situs jualpermata.com ini.

Semoga artikel ini membatu anda dalam memilih batu permata yang anda inginkan.

(Visited 51 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *