Mengenal tentang batu tsavorite
Mengenal Tentang Batu Tsavorite
May 19, 2019
Tentang batu garnet dan khasiatnya
Mengenal Batu Garnet Dan Khasiatnya
May 26, 2019

Mengenal Tentang Batu Spinel

Tentang batu spinel

Tentang batu spinel

Spinel adalah batu permata/ batu mulia yang mirip dengan ruby (Timur Ruby) namun nilainya jauh dibawah ruby. Batu ini terdiri dari oksida aluminium magnesium yang berkilau yang telah digunakan berabad-abad silam sebagai batu perhiasan. Baru pada tahun 1783, seorang ahli mineral bernama “Jean Baptiste Louis Rome de Lisle”, mengidentifikasikan bahwa Spinel berbeda dengan Ruby.

Nama “Spinel” diduga berasal dari salah satu kata latin, “Spina” yang artinya “duri”, dikarenakan bentuk kristalnya yang runcing, atau berasal dari kata yunani untuk “Percikan”, mengacu pada warna terangnya.

Batu Spinel dilihat sekilas memiliki warna rupa mirip dengan Batu Ruby. Walaupun memiliki kemiripan keindahan pancaran warna dengan Batu Ruby, tapi Batu Spinel memiliki struktur dan kandungan yang lain dengan Batu Ruby. Kandungan mineral Batu Spinel terdiri dari magnesium, dan alumunium serta warna merahnya dihasilkan dari korundum yang terbentuk bersama magnesium.

Baca Juga : Mengenal Tentang Batu Tsavorite

Warna dasar spinel adalah merah dan mempunyai variasi oranye, pink, merah, dan ungu. Batu Spinel yang berasal dari Myanmar mempunyai warna pink dengan kilasan warna oranye yang menarik. Ada pula Batu Spinel juga yang memiliki warna biru dan disebut sebagai “cobalt spinel”. Jenis ini termasuk barang langka dan sulit ditemui dipasaran Internasional apalagi dipasaran domestil yang kecenderungan dapat pasokan dari luar.

Dengan struktur kristalnya yang berbentuk Cubic, dan inclusion yang kuat, pancaran yang dihasilkan sangat menawan dan menarik hati. Batu Spinel memiliki kekerasan sebesar 8 pada skala Mohs, sehingga tergolong Batu Permata kelas II, dan termasuk keras, 1 tingkat dibawah Batu Safir serta Ruby. Biasanya spinel diikat cantik menjadi rangkaian perhiasan seperti kalung, gelang, cincin, giwang, manset, dan bros. Bila sudah menjadi perhiasan seperti ini harga sudah sangat tinggi. Penghasil Batu Spinel mengatakan bahwa batu ini banyak berasal dari Sri lanka, Myanmar, Madagascar, Pakistan.

Batu Spinel biasanya tidak melalui proses treatment apapun untuk meningkatkan kualitasnya. Spinel sintetis biasanya diproduksi karena bisa mirip dengan berbagai jenis batu permata lainnya. Kebanyakan Spinel sintetis bisa dipisahkan dengan Spinel yang alami dengan menggunakan magnet. Spinel yang alami memiliki respon lemah sampai menengah terhadap magnet karena kandungan besinya. Beberapa Spinel yang berwarna terang dan oranye diwarnai oleh Chromium, sehingga menyebabkan terjadinya Diamagnetic (ditolak oleh magnet). Selain itu, Spinel alami akan menunjukkan struktur kristal Octahedral (segi delapan).

Apabila anda memiliki keinginan untuk membeli/mengoleksi batu permata spinel, makanya anda bisa membelinya melalui PermataStar. PermataStar adalah toko batu permata online yang berfokus pada penjualan batu permata, mulai dari jenis batu sapphire, ruby, emerald, tsavorite, spinel dan lainnya. Untuk produk-produknya bisa dilihat melalui website kami www.permatastar.com atau langsung mengunjungi toko kami di Palladium Mall Lt.3 Blok TS 21 no 1 2 3 & 9, Medan.

(Visited 88 times, 1 visits today)

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *