Fakta unik tentang batu garnet
Fakta Unik Tentang Batu Garnet
June 20, 2019
Batu Permata Memiliki Sejarah Yang Unik
Batu Permata Memiliki Sejarah Yang Unik
June 29, 2019

Kelas Batu Permata Berdasarkan Tingkat Kekerasannya

Batu Mulia sangat banyak ragam dan jenisnya. Yang dimaksud dengan batu mulia adalah mineral batuan alami yang digunakan oleh manusia sebagai perhiasan, berpenampilan menarik mengkilap, dan mempunyai nilai jual. Namun, semua batu yang mengkilat tidak bisa disebut sebagai batu mulia. Seseorang dengan nama K.E. Kinge mengelompokan batu mulia berdasar atas nilai kekerasan batu menjadi 5 kelas pada tahun 1860 dalam buku Handboek der Edelsteenkunde. Pengelompokan jenis batu mulia ini masih dipakai sampai sekarang.

Batu Mulia Kelas I

Batu Mulia Kelas 1 adalah mineral batu yang mempunyai kekerasan antara 8 sampai 10 dalam skala mohs. Batu mulia yang termasuk dalam permata kelas satu adalah Berlian, Spinel, Ruby, Sapphire, dan Chrysoberyl..

Batu Mulia Kelas II

Batu Mulia kelas 2 adalah mineral batu mulia yang mempunyai kekerasan antara 7 sampai 8 dalam skala mohs. Beberapa mineral batu yang termasuk dalam kelas dua ini adalah Topaz, Tourmaline, Opal, Zirkon, dan beberapa batu yang termasuk dalam keluarga beryl seperti Aquamarine, Zamrud, dll.

Batu Mulia Kelas III

Batu Mulia kelas tiga adalah mineral batu mulia yang mempunyai kekerasan batu sekitar 7 dalam skala mohs. Batu Mulia kelas ini dan dibawahnya juga disebut sebagai batu mulia tanggung. Beberapa mineral batu yang termasuk dalam kelas ini adalah Chrysolit, Pirus, andalusit

Batu Mulia Kelas IV

Batu Mulia kelas 4 adalah mineral batu mulia yang mempunyai kekerasan antara 4 sampai 7 dalam skala mohs. Beberapa jenis batu mulia yang termasuk dalam kelas ini adalah Amethyst, obsidian, labradorit, diopside, lapis lazuli, berbagai jenis agate seperti chalcedony, jasper, cornelian, dll

Batu Mulia Kelas V

Batu Mulia Kelas 5 adalah mineral batu yang mempunyai nilai keras bisa di atas 7 atau dibawahnya, namun warnanya jelek kusam, kebanyakan tidak tembus cahaya, batu kurang mengkilap dan harganya sangat murah secara kwantitas. Batu kelas ini bukan termasuk sebagai batu mulia. Contoh mineral batu yang termasuk dalam kelas ini adalah marmer, granit, batu kali, batu lahar, gunung, dan lain-lain.

(Visited 26 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *