Daftar Model Cincin Batu Permata Yang Lagi Trend
March 11, 2020
Apakah Warna Semua Batu Sapphire Berwarna Biru
Apakah Warna Semua Batu Sapphire Berwarna Biru?
April 1, 2020

Cara Merawat Dan Mengatasi Batu Cincin Yang Retak

Cara Merawat Dan Mengatasi Batu Cincin Yang Retak

Sebagai pecinta batu permata, saya akan memberikan sedikit tips bagi anda semua. Tips tentang bagaimana kita merawat batu cincin atau batu permata yang mengalami kerusakan seperti retak dan lainnya. Batu cincin yang mengalami crack/retak yang diakibatkan karena proses pemolesan atau karena terjatuh ataupun terbentur oleh benda keras tentu akan membuat tampilan batu menjadi tidak sempurna. Salah satu dari banyak bentuk kecacatan batu yang membuat nilainya menjadi berkurang adalah meretakkan/crack (jalan air).

Jika anda memutuskan untuk memakai batu tersebut tanpa ada rencana untuk menjualnya mungkin tidak masalah, tetapi jika anda memutuskan untuk menjual batu tersebut tentu harga yang tadinya anda harapkan tinggi maka jauh dari apa yang diharapkan, hanya dikarenakan memiliki kecacatan kecil saja. Walaupun batu cincin yang anda miliki tersebut merupakan batu permata asli yang berkualitas dengan harga jual yang tinggi.

Nah jangan berkecil hati, berikut ada beberapa metode yang cocok untuk menghilangkan dan mengatasi batu cincin atau batu permata yang retak, yang mungkin bisa anda coba di rumah.

Cara Mengatasi Batu Cincin Yang Retak Dengan Tehnik Perawatan Tradisional

Pada ratusan tahun yang lalu para pengrajin batu Zamrud menggunakan tehnik perendaman dengan menggunakan minyak alami untuk memperindah tampilan dari batu yang mengalami keretakkan alami. Minyak alami ini dapat meresap melalui celah-celah dan pori-pori yang terdapat pada batu permata, selain itu juga manfaat minyak adalah dapat mengisi kekosongan celah dan juga dapat melunakkan bagian-bagian terpisah sehingga bereaksi membentuk pergerakan senyawa yang dapat menyatu kembali.

Saat bagian tersebut dapat digabungkan maka bentuk dari retakkan tidak akan terlihat. Nantinya anda dapat menggunakan minyak goreng, minyak zaitun dan minyak alami lainnya yang direndam selama beberapa hari atau juga di oles saat hendak dipakai.

Beberapa jenis batu yang bagus untuk metode perawatan yang satu ini adalah Belimbing Aceh, Pancawarna, Red Raflesia, Cempaka Madu, Sulaiman, Giok dan lain-lain. Jika bentuk retakkan masih halus atau hanya disebabkan karena terjatuh dan tidak sampai ke area dalam batu, maka perawatan yang cocok adalah menggunakan amplas.

Caranya yaitu menggosok batu menggunakan amplas dengan melakukan gerakan searah maka berguna untuk menutup bagian yang mengalami keretakkan/crack dengan bantuan dorongan dari bagian struktur batu lainnya. Anda dapat menggunakan jenis amplas yang halus untuk melakukan hal itu, dan jenis batu yang cocok untuk perawatan yang satu ini adalah batu kecubung, batu Solar, Obsidian dan lain-lain.

Cara Mengatasi Batu Cincin Yang Retak Dengan Tehnik Perawatan Modern

Metode yang kedua adalah dengan menggunakan tehnik modern yang banyak dilakukan oleh para produsen batu mulia saat ini. Salah satu tehnik modern yang banyak dilakukan adalah dengan memanfaatkan suhu panas. Memanaskan batu hingga ke titik leleh sehingga batu dapat dibentuk kembali dan dapat menghilangkan bentuk dari struktur batu yang kurang baik, seperti retakkan dan juga senyawa pengotor lainnya.

Selain menggunakan teknik peleburan saat ini sudah banyak yang menggunakan tehnik penambalan dengan bahan sintetis. Penambalan dengan menggunakan bahan sintetis sama sekali tidak mengubah warna dan bentuk batu. Hanya saja bentuk sintetis akan terlihat apabila anda menggunakan alat peneropong batu atau juga disebut Mikroskop sehingga dapat mengurangi kualitas dari batu permata milik anda.

(Visited 60 times, 5 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *