Beberapa jenis batu permata dan artinya
Beberapa Jenis Batu Permata Dan Artinya
June 5, 2019
Fakta unik tentang batu garnet
Fakta Unik Tentang Batu Garnet
June 20, 2019

Beberapa Cara Merawat Batu Permata Untuk Menjaga Kualitasnya

Cara Merawat Batu Permata

Cara Merawat Batu Permata

Memiliki batu permata memang menjadi hobi tersendiri bagi sebagian banyak orang. Apalagi memiliki jenis batu permata yang langka atau unik dengan nilai jual yang lumayan tinggi membuatnya harus pandai merawat batu permata tersebut. Nah, pada ulasan kali ini saya akan membagikan tips bagaimana cara merawat batu permata yang baik, untuk menjaga kualitasnya.

Mengenal Sebelum Merawat Batu Permata

Hal pertama yang harus diketahui adalah mengenal jenis-jenis batu permata yang anda miliki, seperti jenis batu Safir, Ruby atau Zamrud. Jangan asal membersihkan karena setiap batu memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Jika anda salah membersihkan batu permata tersebut, justru akan merusak atau membuat tampilan batu makin kusam, karena itu pelajari dulu cara yang tepat dan aman untuk merawat batu permata sesuai dengan jenisnya.

Kenali Daya Tahan Batu Permata Yang Dimiliki

Nah, selanjutnya hal yang paling penting yang perlu anda ketahui sebelum membersihkan batu permata adalah dengan mengetahui kekerasan batu tersebut. Misalnya batu Berlian dengan kekerasan 10 Mohs, lalu diikuti dengan batu Safir dan Ruby pada tingkat kekerasan 9 Mohs, batu Quartz yang memiliki kekerasan 7 Mohs, Turquoise yang memiliki kekerasan antara 5-6 Mohs dan Opal memiliki kekerasan di tingkat 5,5 Mohs.

Dengan mengetahui tingkat kekerasan atau daya tahan sebuah batu yang sering sekali digunakan sebagai perhiasan anda akan lebih berhati-hati saat membersihkannya. Jika batu tersebut memiliki skala kekerasan yang rendah, hindari menggosok batu terutama pada batu yang berskala rendah dengan sikat keras karena dapat menimbulkan goresan, rusak bahkan beresiko pecah.

Baca Juga : Cara Merawat Batu Tsavorite Yang Benar

Perhatikan juga logam pada perhiasan pada saat anda membersihkan batu permata tersebut, karena logam dalam rangka perhiasan pun akan mudah tergores pada saat dibersihkan. Contohnya seperti perhiasan yang terbuat dari perak yang memiliki sifat lunak dan mudah tergores.

Apakah Batu Permata Berpori?

Hal lain yang perlu anda perhatikan saat membersihkan batu permata adalah porositas batu (pori-pori). Batu Berlian, Safir, Ruby dan batu permata jenis lainnya adalah jenis bebatuan yang tidak menyerap minyak ataupun cairan lainnya, sehingga anda dapat dengan mudah membersihkannya. Akan tetapi ada beberapa batu permata yang sangat sensitif misal saja mutiara yang sangat sensitif terhadap bahan kimia seperti hairspray, parfum, dan berbagai macam jenis produk makeup.

Jika anda memiliki perhiasan mutiara, sebaiknya bersihkan terlebih dahulu dengan kain lembut sebelum di simpan kedalam kotak perhiasan dan pisahkan mutiara dengan perhiasan lainnya, dan apabila anda ingin menyimpannya Jangan disimpan dalam satu kotak.

Pilih Pembersih Yang Tepat

Apabila anda sudah mengetahui jenis perhiasan yang anda miliki, tentu tidak akan sulit menemukan pembersih yang tepat misal saja untuk batu semi mulia seperti opal, anda dapat menggunakan pembersih khusus buat permata dengan skala kekerasan yang rendah. Sama halnya pada batu mutiara yang berpori, pastikan pilih pembersih khusus untuk perhiasan mutiara tersebut.

Kamu juga dapat memilih pembersih ultrasonik untuk membersihkan perhiasan dengan batu permata. Tetapi Anda harus membaca dengan teliti terlebih dahulu petunjuk penggunaan yang tertera karena tidak semua perhiasan aman dibersihkan dengan pembersih ini.

Nah, sekian tips cara merawat batu permata agar tetap menjaga kualitasnya. Batu permata yang indah dan berkualitas tentu akan memberikan rasa kepercayaan tinggi bagi si penggunanya.

(Visited 273 times, 3 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *