Cara Merawat Dan Mengatasi Batu Cincin Yang Retak
Cara Merawat Dan Mengatasi Batu Cincin Yang Retak
March 21, 2020
5 Jenis Batu Permata Yang Laris Di Pasaran
5 Jenis Batu Permata Yang Laris Di Pasaran
May 30, 2020

Apakah Warna Semua Batu Sapphire Berwarna Biru?

Apakah Warna Semua Batu Sapphire Berwarna Biru

Cincin Blue Sapphire

Sapphire merupakan salah satu batu permata yang banyak disukai oleh para pecinta batu mulia. Namun, banyak orang yang menduga bahwa batu ini hanya berwarna biru saja. Hal itu merupakan kesalahpahaman saja, karena sapphire yang berwarna biru merupakan warna yang paling banyak diminati.

Perlu diketahui bahwa batu sapphire tidak hanya tersedia dalam warna biru saja, tetapi juga tersedia dalam hampir setiap warna pelangi. Warna biru dari sapphire merupakan representasi dari keinginan atau harapan yang suci sejak zaman abad pertengahan dan juga keteguhan. Banyak yang percaya bahwa sapphire berwarna biru akan memberikan perlindungan dan keberuntungan sekaligus kebijaksanaan dan kekuatan bagi pemakainya.

Dikatakan juga bahwa ketika dipergunakan sebagai cincin pertunangan, batu sapphire biru (blue sapphire) merupakan simbol kesetiaan, dimana merupakan simbol yang tepat untuk melambangkan cinta yang tidak memiliki batas ruang dan waktu.

Apa Saja Warna Batu Sapphire?
Sapphire ada dalam mineral corondum, dan memiliki kekerasan 9 skala Mohs yang berarti batu permata keras yang cocok digunakan pada perhiasan yang dikenakan setiap hari, misalnya pada cincin pertunangan. Warna batu sapphire tersedia dalam berbagai macam warna dan dimulai dari biru, hijau, kuning, ungu, persik, merah muda, oranye, putih serta warna campuran seperti hijau-biru misalnya.

Perlu juga diketahui bahwa 98 % sapphire dipanasi (di treatment) untuk meningkatkan saturasi dan kejernihan warna dan ini adalah efek permanen. Meskipun sapphire banyak ditemukan dalam warna biru, akan tetapi sapphire secara alami memiliki banyak warna seperti warna pelangi. Sapphire yang dianggap paling indah selama ini adalah jenis Blue Sapphire atau safir biru.

Batu sapphire biru biasanya dinilai dari kemurnian warna dasarnya karena pada batu sapphire biru terdapat beberapa warna sekunder seperti Ungu, violet dan juga hijau. Untuk warna violet dan ungu bisa berkontribusi langsung pada keindahan keseluruhan warnanya, tetapi untuk warna hijau dianggap sebagai warna negatif.

Batu Sapphire Untuk Cincin Tunangan

Tahukah anda bahwa tak hanya berlian saja yang bisa dijadikan sebagai cincin tunangan, akan tetapi batu mulia lainnya seperti sapphire pun banyak dipilih sebagai cincin tunangan. Sejak 800 sebelum Masehi, sapphire sudah dinyatakan sebagai salah satu batu permata yang sangat berharga. Raja Persia pada zaman tersebut begitu menyukai keindahan dari batu yang satu ini dengan mengatakan bahwa langit bisa berwarna biru pun karena refleksi dari sapphire yang ditimpa cahaya matahari.

Bagi kaum perempuan diseluruh dunia, moment mendebarkan adalah pada saat hari pertunangan yang merupakan saat-saat paling dinanti dalam hidup. Cincin pertunangan cantik yang bertahtakan berlian ataupun kristal mungkin jadi impian kebanyakan kaum hawa. Tahukah anda, bahwa batu sapphire berwarna biru tua memiliki kesan anggun dan kemewahan yang kuat. Jika seorang pria memberikan cincin tunangan bertahtakan batu sapphire biru kepada pasangannya, ini berarti si pria ingin menunjukkan nilai kejujuran dan kesetiaannya kepada pasangannya.

Kualitas Batu Sapphire

Batu sapphire sendiri memang sangat sempurna dan indah terlebih jika batu tersebut adalah asli. Selain itu, kualitas batu sapphire tidak usah dipertanyakan lagi, karena batu ini sangat kuat dan lebih tahan lama dibandingkan batu permata lainnya. Batu sapphire tidak memiliki sistem penilaian spesifik seperti batu berlian. Sapphire berkualitas tinggi akan menjadi batu yang cantik jika dipotong dengan baik, bisa memiliki sedikit atau tanpa inklusi sedikitpun, tidak ada chip (ketidaksempurnaan), tidak ada zonasi warna dan warna jenuh yang bagus.

Cara Membedakan Batu Sapphire Asli Dan Sapphire Palsu

Untuk mengetahui batu sapphire asli atau palsu, sebaiknya membeli yang sudah ada keterangan laboratorium gemologi guna untuk mendapatkan keterangan memo atau sertifikat terhadap batu tersebut. Berikut ini ada beberapa langkah yang perlu anda ketahui untuk membedakan mana batu sapphire asli dan mana yang palsu :

  1. Perhatikan Adanya Serat
    Setiap batu sapphire memiliki serat yang kadang jelas terlihat. Untuk memperjelas maka pergunakan alat bantu seperti Lup (kaca pembesar), itu disebabkan karena serat batu sapphire terkadang tidak terlihat oleh mata telanjang karena sangat halus.
  2. Sinar Batu Sapphire Dari Satu Arah
    Sinar batu sapphire jika dilihat dari satu arah, maka akan timbul bentuk six star, terutama pada sapphire bintang, dan pembiasan cahaya yang dihasilkan juga cukup indah.
  3. Berat dan Jenis Batu
    Untuk berat dan jenis batu Sapphire asli akan lebih tinggi dibandingkan yang palsu. Sedangkan untuk sapphire yang palsu atau sintetis akan lebih rendah untuk berat jenisnya.
  4. Terasa Lebih Dingin
    Terakhir, jika ditempelkan ke permukaan kulit akan terasa dingin untuk batu sapphire asli.

Setelah tahu mengenai berbagai fakta batu sapphire diatas, apakah anda tertarik untuk membelinya? Jika anda memiliki pasangan, maka batu sapphire biru merupakan pilihan yang tepat untuk anda berikan kepadanya.

(Visited 507 times, 3 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *