Jual beli batu permata di medan
Jual Beli Batu Permata Di Medan
October 3, 2018
Harga jual batu permata asli di medan
Harga Jual Batu Permata Asli Di Medan
October 25, 2018

8 Varian Batu Mulia Yang Dibahas Dalam Kitab Klasik

8 Varian Batu Mulia yang Dibahas dalam Kitab Klasik

8 Varian Batu Mulia yang Dibahas dalam Kitab Klasik

Banyak orang menganggap bahwa batu permata memiliki nilai mistik sama halnya dengan batu akik. Jika kita kaitkan dengan sejarah dan tulisan yang dimuat di beberapa kitab kuno, tentu akan memiliki keterkaitan atau hubungan yang tak terpisahkan antara batu mulia dengan mistik. Nah, kali ini admin ingin menelusuri apa saja misteri tersembunyi yang ada di batu permata tersebut. Menarik untuk kita ketahui serta akan menjadi informasi yang bermanfaat tentunya.

Dalam kitab-kitab fiqih tidak hanya kaya dengan pengetahuan hukum, tetapi memiliki khazanah yang cukup luas termasuk didalamnya yang membahas pengetahuan tentang batu mineral yang merupakan bagian dari obyek hukum.

Hajar nafis atau hajar karim, adalah istilah yang biasa digunakan dalam kitab-kitab fiqih klasik untuk menyebut batu mulia. Masalah fiqih yang pembahasannya menyinggung bebatuan mineral ini adalah masalah thaharah atau bersuci, khususnya dalam pembahasan hukum istinja (bercebok) dengan menggunakan batu, juga terdapat dalam pembahasan awani alias bejana-bejana.

Hukum Menggunakan Batu Mulia sebagai Cincin

Tuhfah Al Habib ‘ala Syarhi Al Khatib karya Al Bujairmi dan Ghayah Al Bayan karya Ar Ramli serta sejumlah kitab fiqih klasik lainnya menyebutkan bahwa tidak ada perbedaan pendapat mengenai kebolehan menggunakan batu-batu tersebut sebagai cincin karena tidak ada nash yang melarang.

Demikian pula dalam pembahasan mengenai zakat, juga disinggung mengenai status batu mulia, apakah wajib dikeluarkan zakat atasnya atau tidak. Imam An Nawawi dalam Al Majmu’ menyatakan bahwa selain emas dan perak, semisal batu mulia dengan berbagai variannya tidak dikenakan zakat.

Dan dari berbagai pembahasan fiqih yang menyangkut batu mulia, para fuqaha klasik juga menyebutkan sejumlah varian darinya, antara lain:

Al Yaqut (Ruby)
Istilah al yaqut disebut oleh Syeikh Al Bujairimi dalam Tuhfah Al Habib, diambil dari istilah Persia yang telah dimasukkan dalam perbendaharaan bahasa Arab. Ulama Al Azhar ini juga menyebutkan batu jenis ini merupakan batu yang paling mulia dan memiliki daya tahan tinggi terhadap api. Dalam istilah Inggris al yaqut yang memiliki warna khas merah atau pink ini disebut dengan batu ruby.

Disamping disinggung dalan kitab-kitab fiqih, istilah al yaqut sendiri dijadikan sebagai nama sebuah kitab fiqih, dimana Al Imam Al Allamah Ahmad bin Umar As Syathiri menamai karyanya dengan nama Yaqut An Nafis fi Madzhab Ibni Idris yang merupakan kitab fiqih rujukan dalam madzhab As Syafi’i.

Zabarjad (Peridot)
Zabarjad dalam Mu’jam Musthalahat Al Fiqhiyah disebut sebagai batu mulia yang mirip dengan batu zamrud yang memiliki varian warna. Sejumlah ulama bahasa klasik memaknai bahwa zabarjad sama dengan zamrud, karena ada kemiripan warna antara keduanya yaitu sama-sama berwarna hijau.
Dalam peradaban Islam, batu yang juga disebut dengan batu paridot ini pernah menjadi batu yang paling mahal di masa kekhalifahan Utmani di Turki. Di masa itu pemerintahan Utsmani memiliki koleksi batu mulia paling banyak di dunia.

Disamping untuk mata cincin, batu zabarjad juga digunakan sebagai hiasan untuk surban dan kotak perhiasan.

Az Zumurrud (Emerald)
Az Zumurrud atau biasa disebut dengan zamrud adalah batu mulia yang berwarna hijau tua dan transparan yang merupakan batu mulia terbaik, demikian difinisi az zumurrud dalam Al Mu’jam Al Wasith. Dalam bahasa Inggris, zamrud disebut sebagai emerald stone.

Al Billaur (Crystal)
Batu yang juga digolongkan para fuqaha sebagai batu mulia adalah ballur alias batu kristal. Al Mu’jam Al Wasith mendefiniskan al billaur atau al ballur sebagai batu putih yang transparan. Batu ini biasa digunakan juga untuk mata cincin, kalung, tasbih atau hiasan lampu.

Baca Selanjutnya >>

(Visited 38 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *