Jual batu emerald
Jual Batu Emerald (Jamrud)
April 3, 2018
Jual blue sapphire murah
Jual Blue Sapphire Murah Bersertifikat
April 7, 2018

5 Jenis Batu Permata Ini Laris Di Pasaran

5 batu permata terlaris

5 batu permata terlaris

Batu permata telah memainkan peran penting dalam sejarah masyarakat dewasa ini. Program-program kesadaran publik pada batu permata tidak hanya membantu dalam mempromosikan industri permata, tetapi juga akan membantu dalam pemahaman sejarah bumi. Seperti sejarah batu permata yang banyak berasal dari Asia.

Asia diberkati dengan kekayaan batu alamnya yang lebih dibandingkan daerah lainnya di muka bumi ini. Seperti tambang berlian kuno yang terdapat di India, menyediakan banyak batu yang terkenal sepanjang masa. Di wilayah Thailand, Vietnam dan Kamboja adalah penghasil jenis batu ruby dan sapphire. Sementara pedalaman laut Indonesia dan Philipina  memiliki banyak mutiara laut yang indah.

Begitu juga dengan Myanmar dan Srilanka memiliki banyak harta karun batu permata yang langka, indah dan menakjubkan. Di Myanmar misalnya, sebagian besar kegiatan pertambangan batu permata terdapat di bagian utara negara tersebut yakni di kota Mogok yang dijuluki sebagai nama “Ruby Land”.

Selain batu Ruby, kota Mogok dan daerah sekitar lainnya di Myanmar juga memiliki banyak kandungan batu seperti Sapphire, berlian, spinel, peridot, apatite, moonstone, zircon, garnet, tourmaline, iolite dan amethyst.  Tidak heran jika batu permata sangat terkenal dan banyak diminati di Asia.

Berikut Dibawah ini penjelasan tentang beberapa jenis batu permata yang terkenal dan banyak diburu oleh para kolektor batu permata.

BATU RUBY

Baru Ruby merupakan suatu variasi warna merah tua aluminium oksida yang jernih dan bersih, dihargai sebagai batu mulia dan disebut batu merah delima murni. Warna batu ruby sangat bervariasi dari yang merah jambu sampai ke suatu merah yang sangat lembayung, juga memiliki warna ungu atau warna yang kuat dan terang yang mengingatkan kepada warna darah atau buah kersen. Warna merah ini terdiri atas alumunium yang tercampur dengan chrominium (Cr), akan tetapi kalau tercampur dengan sedikit Titanium (Ti) warnanya berubah menjadi biru dan namanya safir, jika tercampur dengan zat besi warnanya berubah menjadi kuning yaitu safir kuning.

Baca Juga : Jual Batu Ruby

Batu Ruby yang paling terkenal didunia adalah dari Burma, yang mana sekarang disebut Myanmar. Dimana ruby dari tambang Myanmar adalah lebih tua dari sejarah yaitu jaman batu. Selain Ruby Myanmar, ada juga yang berasal dari  madagaskar, dan Afrika. Akan tetapi kualitas dan keindahan Ruby yang berasal dari Madagaskar dan Afrika masih dibawah Ruby yang berasal dari Myanmar. Sehingga tidak dapat dipungkiri bahwa harga pasaran untuk Ruby Birma lebih mahal, apalagi Ruby Birma yang memiliki star (ster).

Bagi para pecinta batu, harga batu Ruby untuk pasaran di Jakarta dan daerah lainnya di Indonesia sebagai parameter harga, berkisar antara Rp. 100.000 sampai puluhan Juta rupiah. Keindahan dan kemewahan batu Ruby tak bisa dipungkiri lagi telah membius banyak kolektor untuk berburu batu ini.

Pemakai batu ruby mempunyai keyakinan bahwa batu yang dikenakannya akan memberikan kebahagiaan dan menambah wibawa pada dirinya. “Batu ini tergolong batu yang sangat digemari karena warna merahnya dapat bersinar di tempat gelap dan dapat berpijar jika diterangi sinar ultraviolet.

BATU SHAPPHIRE

Salah satu Batu Mulia yang dikenal banyak orang adalah Batu Safir atau Shappire. Saking terkenalnya Batu Mulia yang satu ini, pernah kita dengar kata Safir/Saphir sebagai bagian penggalan nama seseorang. Hal ini menandakan Safir bukan hanya sebagai Batu Mulia, tapi menjadi sesuatu yang sangat berharga dimata manusia.

Baca Juga : Jual Batu Sapphire

Batu Safir berdasarkan struktur mineralnya adalah bentuk kristal tunggal aluminium oksida, suatu mineral yang dikenal sebagai korundum. Safir dapat ditemukan secara alami sebagai batu permata atau difabrikasi pada boule kristal besar untuk berbagai keperluan, termasuk komponen optik inframerah, permukaan jam, jendela yang kuat, dan wafer untuk deposisi semikonduktor. Hal ini bisa terjadi karena Batu Safir memiliki kekerasan yang cukup tinggi sebesar 9 skala Mohs (skala 10).

Batu Safir yang banyak beredar dipasaran saat ini banyak berasal Birma, Srilangka, Australia, Ceylon, Thailand, Afrika, dan Rusia. Untuk Safir yang berasal dari Indonesia kita kenal Safir dari Pacitan (Jawa Tengah) dan Kalimantan. Struktur mineral dan serat yang mewarnai dari asal batu-batu Safir ini memiliki keunikan dan pancaran cahaya yang masing-masing berbeda, searah dengan sistem kristalnya yang Hexagonal sehingga dapat meramu dan menghasilkan keindahan yang mempesona.

Batu Mata Kucing (Cat Eye)

Ada yang unik kenapa Batu Permata yang satu ini disebut Cat eye (Mata Kucing). Kita tahu bahwa kucing merupakan binatang  kesayangan Cleopatra ini punya satu keistimewaan yang merupakan ciri khas hewan-hewan yang aktif di waktu malam (hewan nocturnal). Matanya akan seperti bersinar jika ia berada di lingkungan yang pencahayaannya sangat minim. Mengapa mata kucing terlihat bersinar? Bagaimana bisa demikian? Karena bagian mata yang disebut tapetum lucidum-lah yang memiliki peran besar menjadikan mata kucing bersinar dalam gelap.

Begitu juga dengan Batu Permata yang kita sebut Cat eye (Mata Kucing). Bila didalam kegelapan dan ada seberkas sinar, maka muncullah segaris sinar mirip dengan mata hewan yang bernama kucing. Disinilah keunikan dari batu ini sehingga orang tergila-gila mencari batu yang bernama cat eye ini.

Para pengamat percaya bahwa inclusion dari batu ini memberikan kesan tersendiri dari batu Cat Eye. Hal Ini membawa hasil apabila cahaya yang terpancar pada batu itu dipantulkan oleh inclusion yang lebih cerah dan kelihatan seperti mata kucing yang terkena cahaya. Dan bila batu ini dicondongkan, dan juga seolah-olah bergerak merentasi bahagian atas batu. Alhasil, pasaran cat eye menjadi tinggi seiring kualitas yang menyertainya.

Batu mata kucing atau Cat eye banyak berasal dari banyak negara, beberapa diantaranya adalah Srilangka, India, Afrika, Brazil, dan Indonesia. Batu Mata Kucing berdasarkan materialnya merujuk kepada batu permata dari keluarga chrysoberyl. Ini karena fakta karakteristik cat eye didapati dan terjadi pada batuan jenis chrysoberyl dan dikenal sebagai chrsoberyl cat eye. Tapi selain itu terdapat juga batu permata lain yang menampilkan ciri cat eye seperti quartz cat eye, ruby cat eye, peridot cat eye, sapphire cat eye, emerald cat eye, dan moonstone cat eye.

BATU PERMATA JAMRUD/EMERALD

Merupakan salah satu batu permata yang memiliki warna hijau hingga hijau tua. Batu yang satu ini memiliki kandungan mineral silikat beril atau beryllium dan kelumit kromium sehingga menghasilkan warna hijau yang alami. Selain itu, kandungan besi dan vanadium yang terdapat pada kelumit kromium tersebut memberikan efek warna hijau yang beragam. Sehingga dalam satu buah batu, terdapat garis-garis atau urat warna yang berbeda dari warna dasarnya dan membuat batu tersebut terlihat lebih menarik dan juga indah.

Batu ini mempunyai nilai keras mencapai 7,5-8 skala Mohs. Mempunyai sifat dingin yang cenderung kering dan tidak terpengaruh oleh cahaya matahari. Bahkan saking kekalnya sifat tersebut, batu ini hanya baru bisa diubah bentuknya dengan melalui proses pemanasan hingga 700 atau 800 derajat Celsius. Itulah yang membuat sebagian besar suku bangsa mempercayai bahwa batu ini adalah batu yang suci dan cocok dijadikan media untuk melakukan berbagai macam ritual. Selain itu, batu permata yang satu ini juga mempunyai banyak inklusi berupa cairan kristal, keretakan dan gelembung gas sehingga kealamian dan keasliannya mudah diketahui.

Batu Emerald sudah banyak digunakan sejak dahulu kala oleh para bangsawan di India, maka itulah sebabnya negara tersebut menjadi salah satu sumber batu yang paling banyak beredar saat ini. Selain India, Columbia juga termasuk negara yang menghasilkan batu jamrud dengan kualitas tinggi. Untuk mengetahui kualitas dari batu Emerald, caraya adalah dengan memperhatikan warnanya. Semakin bagus warna hijau yang dimiliki, semakin tinggi pula kualitas batu tersebut.

BATU PERMATA ALEXANDRITE

Batu Permata Alexandrite merupakan salah satu jenis batuan mulia yang paling dicari berkat keindahannya. Batu yang termasuk jenis Chrysoberyl ini mempunyai keunikan tersendiri yang tidak bisa ditemukan pada batu permata lainnya, yaitu adanya perubahan warna yang dimilikinya. Selain berkat keindahan dan pesona perubahan warnanya, tingkat kekerasan batu yang dikategorikan tinggi ini juga menjadi daya tarik yang tidak bisa dipungkiri khususnya bagi para pecinta batu permata. Oleh sebab itu, batu ini termasuk salah satu yang paling dicari dan digemari kolektor batu permata seluruh dunia.

Batu Permata Alexandrite mengandung mineral yang terdiri dari Chromium, besi dan Titanium. Beberapa jenis kandungan tersebutlah yang membuat batu permata yang satu ini dapat memancarkan warna yang berubah-ubah. Rata-rata perubahan warna yang terjadi pada siang hari yaitu menjadi kehijauan dan pada malam hari menjadi merah keunguan. Proses pembentukan batu mulia ini membutuhkan struktur geologi yang unik sehingga terbilang langka dan sulit ditemukan. Itulah yang menyebabkan harganya terbilang mahal.

Baca Juga : Macam-macam Batu Permata Dengan Harga Jual Selangit

Batu ini diambil dari nama Tsar Alexander II yang berasal dari Rusia. Dengan demikian, Rusia dianggap sebagai negara sumber batu permata Alexandrite yang cantik. Selain di Rusia, daerah lain seperti Sri Lanka, Zimbabwe, Madagaskar dan Myanmar juga menghasilkannya. Namun, kualitas batu yang ada di tempat lain tidak sebanding dengan Negara asal batu tersebut. Itulah sebabnya batu permata dari Rusia menjadi salah satu yang paling diminati kolektor dari seluruh dunia.

Nah, itulah 5 jenis batu permata yang laris dipasaran yang banyak diburu oleh pecinta batu permata di berbagai negara termasuk di Indonesia sendiri. Untuk mendapatkan koleksi batu permata tersebut, kamu bisa memesannya melalui situs penjualan batu permata ini. Silahkan hubungi kami pada alamat dibawah ini :

JUAL PERMATA

Alamat : Grand Palladium Mall Lt 2 Blok SS 50 No. 3-7 Jl. Kapt. Maulana Lubis No.8 – Medan
 Telp/HP : +62 812-6360-1229

(Visited 390 times, 1 visits today)

1 Comment

  1. […] Baca Juga : 5 Jenis Batu Permata Ini Laris Di Pasaran […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *